Belajar Memaknai

Urip Mung Mampir Ngombe

Lobi & Bisnis

Posted by imambudiraharjo on April 14, 2011

Lobi merupakan bagian dari proses negosiasi yang tidak terpisahkan. Untuk mencapai target dalam suatu proses negosiasi, lobi ternyata lebih efektif.

Melobi pada dasarnya merupakan rangkaian kegiatan untuk mempengaruhi orang lain, menanamkan pengaruh atau mendapatkan pengaruh otoritas dalam menentukan satu keputusan. Melobi dapat juga diartikan sebagai upaya mempengaruhi atau menggoyang pihak tertentu dalam rangka memperoleh hasil yang diinginkan. Akhir-akhir ini kita mendengar, membaca, dan melihat para politisi sibuk melakukan upaya-upaya pendekatan yang diantaranya dilakukan di meja makan. Bahkan tercetus satu ungkapan “diplomasi nasi goreng”, begitu salah satu petinggi partai menyebutnya.

Ada dua jenis lobi, lobi politik dan lobi bisnis. Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut, lobi politik bersifat politis dan membawa serta memperjuangkan kepentingan umum. Lobi bisnis bersifat bisnis, membawa kepentingan organisasi secara lebih sempit, menjadi mediator, dan berusaha mewujudkan tingkat kepuasan pihak tertentu.

 Tidak semua orang berbakat atau mampu melakukan negosiasi dengan baik dan berdaya hasil optimal. Dapatlah kita catat beberapa nama sebagai pelobi ulung dalam bidang politik, seperti Henry Kissinger (mantan menlu Amerika) dan Jimmy Carter (mantan presiden Amerika).

Dalam lobi bisnis kita mengenal beberapa nama yang sangat menginspirasi, seperti Lee Iacocca mantan presiden direktur Chryler yang pernah sukses melakukan lobi dan meyakinkan White House untuk mendapat restu pinjaman dari parlemen Amerika.

Berikut beberapa kompetensi atau karakter yang dimiliki pelobi ulung:

  1. Memiliki self confidence dan business mental, mampu menempatkan diri sejajar dengan orang yang akan dimenangkan, tidak minder, juga tidak over confidence apalagi under confidence.
  2. Memiliki positive thinking dan positive attitude, mampu memperlihatkan cara berkomunikasi, memberi respons, bahkan mampu memahami lawan dengan sangat proporsional dan profesional.
  3. Memiliki kemampuan bernegosiasi dengan excellent, sangat kaya dengan trik dan strategi negosiasi. Bisa membedakan aneka perilaku lawan yang disesuaikan dengan komunikasi yang efektif.
  4. Memiliki communication skills yang menyenangkan serta meninggalkan kesan bagai seorang sahabat. Enak diajak berbicara, pandai memilih kata, dan membuat kita betah berbicara berlama-lama.
  5. Memiliki skills menjual dan mempromosikan diri, termasuk gagasannya dengan menawan. Mampu mengubah penolakan menjadi penerimaan, dari tidak butuh menjadi merasa butuh, dari ragu-ragu menjadi yakin, dari menunda menjadi mengambil keputusan, dari bisnis jangka pendek menjadi jangka panjang.
  6. Memiliki service mindset yang selalu dapat dirasakan dan melebihi ekspetasi lawan. Pelobi ulung umumnya pandai menyenangkan dan memuaskan lawan bisnis. Pelobi ulung selalu berpikir win-win negotiation and long term relationship.
  7. Memiliki rasa humor yang sangat tinggi. Daniel Goldman, seorang pakar Emotional Quotient berkata, jangan pernah menjadi pelobi kalau anda tidak memiliki rasa humor yang memadai.
  8. Memiliki performance yang professional, artinya mampu menyesuaikan penampilan di setiap dress code yang akan dihadirinya.
  9. Memiliki expertise yang dapat dihandalkan, dia sangat menguasai produknya, marketnya, pesaingnya. Mampu memberikan presentasi  dengan benar-benar memukau, menarik perhatian, dan melahirkan minat untuk membeli gagasannya.
  10. Memiliki antusiasme, motivasi serta berorientasi pada target. Pelobi tidak akan pernah mundur sebelum targetnya tercapai. Dorongan kreativitasnya membuat orang ini selalu mencoba taktik dan strategi yang baru.

Berapa banyak karakter pelobi yang sudah Anda miliki? Mari belajar dan berlatih menjadi pelobi ulung.

Sumber: http://www.investorindonesia.com/ , tanggal 15 Desember 2009.

One Response to “Lobi & Bisnis”

  1. Terimakasih Artikelnya…Inspirasi bagu..Salam Kenal Gada Bina Usaha – Karet Konstruksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: