Belajar Memaknai

Urip Mung Mampir Ngombe

Tentang Saya

Nama saya Imam Budi Raharjo, lahir di Sleman, Yogyakarta tanggal 10 November 1977.

Dan dibawah ini adalah beberapa etape perjalanan yang sudah dan sedang saya lalui.

Kesimpulannya, saya pernah :

  • Bersekolah di SD Kanisius Demangan Baru, Yogyakarta (1984 – 1990).
  • Bersekolah di SMP 5 Yogyakarta (1990 – 1993).
  • Bersekolah di SMA 3 Yogyakarta (1993 – 1996).
  • Bersekolah di Polytechnic University, Jepang (1997 – 2001), jurusan teknik elektronika. Tugas akhir berjudul “The Design of Reflection Type Stratified Volume Photopolymer Hologram for Optical Wavelength Division Multiplexing Communication”, dengan pembimbing Prof. Yukihiro Ishii.
  • Instruktur di Balai Latihan Kerja Industri di Serang, Banten (2001 – 2003).
  • Bekerja di Samarinda & Tenggarong, Kaltim, ikut dalam proyek Japan Coal (2003 – 2007). Awalnya hanya translator & interpreter, tapi akhirnya terlibat ngerjain ini itu terkait coal mining. Biasalah, kebiasaan kerja orang Jepang menuntut harus bisa apa saja … benri yakata Oshin🙂 (dalam hal ini, saya sangat terinspirasi oleh Jose Mourinho).
  • Bagian marketing di salah satu perusahaan manufaktur engine parts di Serang, Banten (2007-2009). Kalau anda oprek mesin Lexus, Alphard (lama), Harrier, Tundra, Vios, Yaris, Fortuner, Innova, Rush, Terios, Avanza, Xenia, Gran Max, Luxio, Mitsubishi colt L300, Mitsubishi Kuda, serta mesin diesel seluruh traktor Kubota, maka batang penghubung antara piston dan crank shaft yang disebut connecting rod itulah produknya. Bukan sembarang batang lho, karena dimensi machining-nya aja dalam ukuran mikron (seperseribu millimeter).

Setelah itu … Alhamdulillah sekarang saya bebas untuk belajar, menulis, ngobyek sana sini, dan aktivitas lain untuk mewujudkan obsesi saya. Tapi yang jelas, saya begitu terinspirasi oleh ungkapan Prof. Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank & pemenang Nobel Perdamaian tahun 2006, yang mengatakan: “Hidup ini teramat singkat. Saya ingin meninggalkan bekas yang membuktikan bahwa saya pernah hidup”.

Teladan saya, Kanjeng Nabi Muhammad SAW juga pernah berpesan: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat manusia lainnya”. Jadi, cita-cita saya sederhana saja: BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN.

Oh, iya, di bawah ini adalah alamat email saya. Siapa tahu pertemanan yang dulu pernah putus bisa nyambung lagi. Atau, siapa tahu, sekedar email singkat akan jadi langkah awal untuk silaturahmi yang membawa berkah.

imambudiraharjo at yahoo dot co dot id

imambudiraharjo at gmail dot com


45 Responses to “Tentang Saya”

  1. Cholid said

    Wah…Pak imam, saya do’ain cita-cita bapak agar selalu diberi kemudahan oleh Alloh Swt dan selalu dalam lindungannnya dan keluarga Bapak menjadi syakinah. Yuk terus berjuang PAK!!!

  2. teduhnovan said

    Pak Imam, salah satu role model saya. Banyak beda pendapat dengan saya, tapi jauh lebih banyak persamaannya. Yang pasti punya tujuan yang jelas sama. Terus berjuang pak Imam. “Sesungguhnya Allah beserta orang2 yg sabar.”

  3. indarto said

    Imam….One of my Fav Friend in SMA 3 Yogyakarta……

    Nothing else….Just…..Salute…

  4. gera said

    Mendengarkan penjelasan Imam tentang jawaban soal ujian selalu membuat saya makin puyeng, dan akhirnya secara sepihak menghakimi bahwa imam ini sebenernya pinter banget tp engga pinter nerangin, hahahha padahal mungkin saya yg otaknya engga nyampe. Membaca berbagai tulisan di sini membuat saya menyesal sudah terlalu cepat membuat penilaian, sebab ternyata Imam pinter banget membagi pengetahuannya. Senang bertemu dengan Imam lagi meski hanya terbayang dalam kumpulan bytes. Semoga saya bisa terimpuls untuk makin pintar berbagi.

    • imambudiraharjo said

      Matur nuwun mbak atas komentarnya. Semuanya berproses mbak. Dulu mungkin saya seperti yang njenengan sampaikan. Tapi kalau njenengan menilai ada perubahan dalam cara saya menyampaikan sesuatu ya saya bersyukur🙂

  5. Alhamd. bisa bersilaturohim lagi dengan Imam setelah kemarin sempat rasan-rasan dengan Dewi Rahma Muto: kapan ya ketemu dengn Imam ya …
    Ya .. begini lah kehidupan, yang sulit untuk ditebak. Kita sebagai hamba hanya bisa merencanakan, berdoa, berikhtiyar dan bertawakal, namun Alloh lah sang penentu hasilnya. Mari tetap senantiasa semangat diiringi niat terus beribadah kepada Alloh. Semoga Alloh paring sehat, lancar dan barokah🙂
    Saya senang sekali bisa jumpa kembali dengan imam ….

  6. tomo said

    Apa kbr PAk Imam? ini murid bpk wktu di BLKI Serang!inspiratif bgt tulisannya!sukses ya Pak!!

  7. Assalamu’alaikum.wr.wb. Mas, Imam.
    Nama Sampeyan mirip dengan nama teman saya di SMP dulu tapi setelah saya lihat, wajahnya pun mirip.
    Perkenalkan nama saya Irsan, kelhiran jogja.
    Selamat datang di Banjarbaru Kalsel… Semoga semakin berkibar dalam dakwah…

    • imambudiraharjo said

      Wa’alaikum salam wr wb,

      Siapa tahu memang benar-benar teman Bapak. Toh kalau bukan pun, yang pasti saya adalah saudara seakidah Bapak. Mudah-mudahan ucapan Imam Ahmad menjadi semangat kita semua: seorang mukmin tidak akan beristirahat berjuang di jalan Allah hingga dirinya mengetuk pintu surga Allah.

  8. Tomy W. Taslim said

    Mas Imam ini teman satu SMP saya di Jogja. Beliau hampir selalu masuk 3 besar teratas di sekolah (atau malah selalu ranking satu..? saya lupa-lupa ingat..hehe). Saya juga selalu masuk 3 besar, tapi dari bawah..hehe..

    Pemikiran, sikap dan perilaku beliau ini banyak memberi inspirasi buat saya. Maklumlah, saya banyak sekali memiliki keterbatasan, jadi harus banyak-banyak menimba ilmu dan pengalaman dari orang-orang hebat seperti beliau ini🙂

    Etos pembebasan-pencerahan yang ada dalam diri beliau ini juga saya sukai. Saya pun ingin sekali mengikuti jejaknya. Tetapi entahlah, kapan saya memiliki keberanian yang cukup untuk mengikuti jejaknya.

    Yang sampai sekarang saya masih heran adalah, mengapa beliau ini mau berteman dengan saya waktu SMP itu? Menurut saya perbedaan kita waktu itu seperti bumi dan langit! Mungkin mas Imam ini kasihan sama saya yang ikut sekolah sekadarnya, rada-rada miring pula..hehe..

    Tetap semangat dan berjuang di jalan yang baik dan benar menurutmu kawan :-))
    Saya tunggu karya-karyamu yg inspiring :-))

    • imambudiraharjo said

      Masya Allah, saya tidak sehebat yang sampeyan bayangkan lho Mas. Banyak sekali kekurangan saya yang njenengan tidak tahu. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua sehingga perjalanan kita sesuai dengan arahan yang digariskannnya. Amin. Pokok-e, Labora Ergo Sum, kata Ustadz Toto Tasmara.

  9. danang said

    salam…

  10. luar biasa pengalaman bapak,
    saya jd termotivasi,
    terima kasih pak,
    salam knl

    • imambudiraharjo said

      Waduh, jangan gitu … saya ini ibaratnya terdampar kesana kemari aja kok mas. Alhamdulillah, urat sabar dan optimisme jadi lumayan kuat. Salam kenal mas Agung.

  11. Agus Setiana said

    Assalamu alaikum pa imam.,. selamat berjuang pa, mudah2an bisa tercapai segala obsesinya.
    sy bnyk terinspirasi dari tulisan2 bp,.,
    slm
    AguS S

    • imambudiraharjo said

      Wa’alaikumsalam wr wb.
      Alhamdulillah, kalau tulisan saya ada manfaatnya. Itung-itung nambah tabungan amal Gus he..he.
      Salam.

  12. Ardiansyah said

    Sekarang kamu tinggal di mana? Waktu kerja di Serang, tinggal dimana? Dulu hobimu ngitung integral tingkat tiga, skrg kok nyasar di Batu bara ya……hehehe ora nyambung. Mudah-mudahan sukses ya Mam, dunyo akherat.

    Salam.

  13. Ardi said

    Salam kenal….

  14. akhmad_is said

    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    Salam kenal Mas, meski mungkin dah pernah kenalan lewat milist^^.
    Saya adik angkatan Mas di PTU,angk 2003, dari jogja jg,hehe.
    Inspiring sekali mas tulisan2nya, dan jg yg nulis🙂.
    Semoga Allah memberkahi dan memberi kemudahan dlm meraih tujuan2nya.
    Jd pingin sharing nih kapan2^^.
    ngeten rumiyin nggih.
    wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    akhmad_is

    • imambudiraharjo said

      Wa’alaikum salam wr wb,

      Monggo Mas … mudah-mudahan dengan bersilaturahmi akan menambah keberkahan. Berkah ilmu, berkah umur, dan segala kebaikan yang lain. Amin.

      Salam,

  15. Ilah said

    Assalamu’alaikum wr wb pak Imam,
    smoga apa yg di harapkan tercapai semua
    boleh dong ikutan sharing

    • imambudiraharjo said

      Wa’alaikum salam Mbak.

      Amin. Monggo silakan sharing. Ilmu gak akan pernah habis kalau dibagi-bagi … malah justru akan bertambah.

      Salam.

  16. Dwin said

    Terimakasih Mas Imam, artikelnya sangat bermanfaat. Walau saya pekerja di tambang batubara tapi tidak tau batubara sedetil mas Imam.
    Jazzakumullah khairan Kasiran

    • imambudiraharjo said

      Saya sekedar mengumpulkan bahan-bahan tentang batubara dan menulis ulang saja kok Mas. Senang sekali bila tulisan-tulisan itu bisa memberikan manfaat.

      Salam.

  17. Assalaumalaikum Tuan Rumah,

    Salam ziarah & salam perkenalan dari saya,

    Saya tidak tahu bagaimana saya telah sampai di blog ini, yang jelas profile tuan menarik!

    Khususnya pada pertikan ini,

    ” “Hidup ini teramat singkat. Saya ingin meninggalkan bekas yang membuktikan bahwa saya pernah hidup”.

    Boleh saya jadi kawan?

    Boleh saya mohon idea ? (Jika tidak keberatan)

    http://fathuri.com/idea/rm10-menjadi-rm100/

    dan jemput ziarah diblog saya (bila ada kelapangan)

    Moga kita boleh jadi kawan yang saling bermanfaat untuk maksud dunia & akhirat

    Salam ceria & inspirasi
    “Pray hard, work smart & creative”

    Assalamualaikum

  18. andy said

    Assalamualaikum mas imam,

    Mosi-mosi, glad to meet you. Seneng sekali pny abang, sahabat yg cerdas, kritis, teman berdiskusi di PPEI. Setelah di berikan kartu namanya, sy coba langsung buka web sampean dan isinya luar biasa dgn tulisan berbobot, posting yang edukatif, motivatif, inspiratif dan kreatif.

    Semoga kita bisa bersua lagi y mas dilain waktu dan kesempatan. Sampeyan bisa transfer ilmu dan pengalaman kpd saya, dan kita bisa sharing pemikiran, tapi FOC ya mas alias gretong..hehe🙂

    Matur thank u mas,

    Salam,
    Andy

    • imambudiraharjo said

      Wa’alaikum salam. Saya juga seneng bisa guyon dengan anak muda yang enerjik seperti Mas Andi ini. Sukses selalu Mas, dan jangan bosan-bosan nyedot ilmu dari mana saja.

  19. Yth Mas.Imam

    wah bagus sekali tulisannya tentang batubara dengan bbrp pendekatan, mulai dari mengenal, menambang
    memanfaatkan, standarisasi dalam batubara dan gasifikasi s/d produk turunan gas sitetisnya.

    sebelumnya kenalkan saya: maulana tinggal di bekasi, kebetulan saat ini sedang mencoba membuat unit gasifikasi
    type fluid bed, sebelumnya saya pernah buat dan menjual type fixed bed (moving bed menurut versi anda).
    atas pertimbangan tertentu type fixed lebih saya arahkan untuk pembangkit panas, sementara type Fluid akan saya
    arahkan untuk pembangkit listrik dan produk turunan dari syngas.

    karena adanya rencana untuk membuat produk turunan syngas (skala mini) yaitu BBM sintetis dengan metode
    Fischer-Tropsch (FT), apakah anda punya sourcing katalisnya?? karena saya membutuhkan skala kecil untuk mini
    plant yang sedang saya siapkan saat ini

    sekali lagi selamat untuk misi anda dan tak lupa saya sangat berterimakasih atas beberapa info yang saya
    dapatkan dari tulisan2 tsb

    wassalam
    maulana

  20. Abu Aisha said

    Mas Imam Yth;

    klo pernah berkecimpung di dunia batubara, mungkin mas imam bisa kasi info di mana saya bisa mendapatkan index harga batubara take over, maksudnya saya akan menawarkan take over ke investor. Investor akan membayar saya senilai = jumlah deposit BB X US$/t, nah angka US$ itu ada di index take over. Klo ada saya mohon diberitau. Matursuwun.

    Abu Aisha, Bandung.

  21. Fred said

    Salut dengan segala pemikiran anda!
    semoga cepat terwujud apa yang diidamkan.. amin.

  22. Salam. Info yang saya dapat belakangan sering terjadi batubara terbakar dengan sendirinya pada ruang muat (ruang muat terbuka atau tertutup pada kapal pengangkut). Yang saya tanyakan bagaimana hal ini bisa terjadi? Jika mengingat segitiga api, salah satu faktor pendukung pembakaran adalah oksigen.apakah mungkin sistem penurunan oksigen (seperti inert gas pada kapal tanker)bisa diaplikasikan pada ruang muat kapal batubara. apakah ada pengaruhnya terhadap kualits batubara jika inert gas ini dipakai?
    Mohon sharing ilmunya pak, email saya tutug@ne.its.ac.id

    Regards,
    Tutug Triasniawan

  23. muhamadbejo said

    trimakasih mas imam atas tulisannya membuat saya banyak mengerti dan bisa belajar dari mas imam ttg pertambangan krn saya tdk sekolah tapi saya punya tekad yg kuat dlm dunia prtambangan ini dan saya sdh mulai masuk dlm jalur ini dan mulai membuah kan hasil..salam kenal mas,, trimakasih banyak semoga cita2 saya jg bisa seperti sama dgn mas imam bisa berbuat sesuatu yg bermanfaat buat org lain,, saya ingin mengembangkan ekonomi kerakyatan mas krn saya melihat potensi desa2 yg sebnrnya sangat tinggi tapi kurang sentuhan tangan2 yg peduli…trimakasih skali lagi salam kenal mas dr saya

  24. doni said

    halo mas apakabar
    saya baru mau belajar bisnis menjadi supplier batubara jadi perlu banyak belajar nih
    menurut supir yang mengangkut truk batubara ada perbedaan timbangan pada saat menimbang
    di stockpile dan waktu unloading sebesar 500 kg. Kapasitas truk adalah 30 ton dan jarak
    antara stockpile dan pelabuhan (unload) adalah kira-kira 300 km.
    Apa ini masuk akal?
    Apakah ini akibat kadar air yang berkurang atau memang ada penipuan pada timbangan?
    Tks atas jawabannya

  25. Tri said

    Terima kasih infonya. Apakah boleh berkomunikasi via email? Barangkali kita bisa bekerjasama.

  26. diah said

    Anak muda yg menginspriasi saya utk mulai belajar.

  27. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Pak Imam yang terhormat, senang berkenalan dengan Bapak. Karena Pak Imam pernah berkecimpung di batu bara, mungkin bisa membantu saya untuk memperkirakan GCV berapa yang harus disediakan agar diperoleh NAR 4500. Demikian. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Adi Martono

  28. Rickson Lumbanbatu said

    Salut…semoga sukses dan sehat selalu

  29. nosa said

    askum pak,saya minta penjelasan secara detail tentang analysis standart ASTM,trm ksh

  30. Ash said

    Assalamu alaikum wr wb Mas Iman,
    Alhamdulillah terima kasih atas Ilmu nya semoga Allah membalesnya dengan hikmah. Mas bisa minta no telpon, facebook dan emailnya? TERIMA KASIH SEBELUMNYA

  31. dg situru' said

    Salam kenal mas, senang bisa baca catatan-catatannya. Main ke blog saya http://mwkusuma.wordpress.com

  32. tbdermawan said

    Assalamu ‘alaikum wr wb Mas Imam,
    Alhamdulillah terima kasih atas Ilmu nya semoga Allah membalasnya dengan yg lebih baik..aamiin.
    Jzk

  33. dedy rachman said

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Terima kasih banyak atas berbagi ilmunya, dalam kesempatan ini saya jg memohon ijin untuk menggunakan tulisannya sebagai dasar
    makalah penelitian saya, smoga ilmunya yg bermanfaat menjadikan amal ibadah dan bekal diakhirat nanti yng slalu mendampingi., amin.

    Salam, de’r

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: